Para Pesepak Bola Aset Berharga Indonesia


Saya termasuk orang yang cinta dan mengikuti perkembangan olah raga sepak bola di indonesia. Ya, rasa suka ini muncul sudah lama dan penyebabnya adalah Ayah saya. Gara-garanya waktu dulu saya masih hidup di rumah bersama keluarga, tiap ada pertandingan sepak bola di tv entah itu pertandingan timnas Indonesia ataupun pertandingan liga-liga di Indonesia, Ayah saya selalu menonton. Mau tak mau akhirnya saya juga ikut nimbrung menemani Ayah saya menonton pertandingan. Dan ketika saya melihat pertandingan-pertandingan itu, timbul di benak saya bahwa ternyata sepak bola di Indonesia itu sebenarnya punya potensi untuk bisa berkembang lebih maju lagi bersaing dengan negara-negara lain yang sudah terkenal akan kekuatan sepak bolanya. Hanya saja yang disayangkan potensi-potensi tersebut tidak ditangani oleh "orang-orang" yang tepat, serta potensi tersebut tidak memiliki dukungan yang maksimal.

Meskipun demikian, kali ini saya akan mencoba menguraikan 10 nama pemain sepak bola Indonesia yang memiliki potensi besar untuk membawa nama Indonesia meraih prestasi yang lebih baik lagi kedepan versi saya sendiri. Meskipun sebenarnya ada banyak pemain Indonesia yang berkualitas, tapi menurut saya 10 orang inilah yang kemampuannya di atas rata-rata. Sebagai pencinta sepak bola nasional tidak ada salahnya berbagi info tentang pemain dimana harapannya dengan adanya uraian dari saya ini dapat menambah pengetahuan anda semua tentang sepak bola di negara kita ataupun bisa dijadikan referensi untuk komposisi pemain dari Timnas.


1. Boaz Salossa


Boaz Solossa merupakan pemain Sepak Bola dari klub Persipura, yang dapat berposisi sebagai Penyerang Tengah dan Penyerang Sayap. Boaz biasanya beroperasi pada bagian kiri-tengah lapangan. Boaz pernah dijuluki sebagai anak ajaib, ketika dibawa oleh Peter Withe dan menampilkan penampilan memukau di Ho Chi Minh, saat ia tampil bersama Tim Nasional Indonesia di ajang Piala Tiger 2004. Ia terkenal dengan kemampuannya dalam mengontrol bola, tendangan kaki kiri yang keras, akurasi kaki kiri dan kaki kanan yang baik, kecepatan, visi penyerangan, dan naluri dalam mencetak gol. Karena kemampuannya tersebut, Boaz sempat dilirik salah satu klub dari liga utama Belanda VVV Venlo.


2. Syamsir Alam


Syamsir Alam adalah pemain sepakbola yang berposisi sebagai Striker. Pemain yang saat ini tengah membela salah satu klub besar Uruguay yaitu Atletico Penarol tersebut memiliki tipikal Striker pekerja keras, dan Syamsir pun memiliki tubuh yang ideal dengan bertinggi badan 175 cm. Syamsir pernah mengikuti Piala Dunia U-11 Danone bersama Makassar FC yang mewakili Indonesia. Ia juga sempat mengikuti tes bersama tim junior dari Belanda, Vitesse Arnhem dan Heerenveen tapi sayang gagal. Akan tetapi dengan saat ini bermain di Uruguay tentunya akan dapat menambah pengalaman dari pemain kelahiran Balingka, IV Koto, Agam, Sumatera Barat, Indonesia, 6 Juli 1992 ini untuk menjadi pemain yang lebih berkualitas.


3. Greg Nwokolo


Greg Nwokolo merupakan pemain dari klub Persija Jakarta asal Nigeria yang baru-baru saja dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia. Pemain yang mampu beroperasi di sektor sayap maupun penyerang tengah ini diyakini bisa menambah kekuatan timnas Indonesia secara signifikan. Greg memiliki postur tubuh dan body balance yang tinggi, membuatnya unggul dalam perebutan bola. Ia juga gesit dan lincah saat mengejar umpan-umpan terobosan dan umpan-umpan jauh dari sektor tengah.


4. Stefano Jantje Lilipaly


Stefano Lilipaly juga merupakan salah satu pemain hasil naturalisasi PSSI. Pemain berdarah Indonesia tersebut saat ini tengah memperkuat klub asal Belanda FC Utrecht. Posisi Stefano adalah gelandang serang, namun ia merupakan seorang yang fleksibel, selain mencetak gol ia juga kerap sebagai pengumpan teman-temannya. Selama karirnya di negeri Belanda, Stefano sudah pernah memperkuat Timnas Belanda U-15 hingga U-18. Namun, jika harus memilih, Stefano lebih menyukai bermain membela Timnas Indonesia. Meskipun telah dinaturalisasi, Stefano tetap berkeinginan untuk terus meniti karir sepak bola di Eropa. Akan tetapi kapanpun ia dibutuhkan untuk membela Timnas Indonesia, ia akan memenuhi panggilan tersebut.


5. Ahmad Bustomi


Ahmad Bustomi adalah pemain dengan posisi gelandang. Pemain yang membela Arema Malang hingga pertengahan tahun 2011 tersebut sangat baik dalam bertahan dan menyerang. Permainan terbaik Ahmad Bustomi puncaknya adalah saat Piala AFF 2010 kemarin.

Ahmad Bustomi Aspiration - Nike Football Indonesia Commercial


6. Muhammad Nasuha


Muhammad Nasuha merupakan pemain wing back serba bisa. Sangat baik dalam bertahan dan menyerang. Ia sering beroperasi di daerah sisi kiri ataupun kanan pertahanan tim. Salah satu gol penting M. Nasuha adalah saat mencetak gol kemenangan untuk Indonesia pada Final Piala AFF 2010 lalu ke gawang Malaysia meskipun pada laga tersebut Indonesia tidak juara karena kalah agregat gol tandang. Sebelumnya M. Nasuha membela klub Persija Jakarta hingga pertengahan tahun 2011.


7. Victor Igbonefo


Pemain yang sebelumnya membela Persipura Jayapura ini juga merupakan salah satu pemain hasil naturalisasi PSSI. Igbonefo memulai kariernya dari Nigerdock Soccer Academy dan First Bank FC di Nigeria. Ia dianggap sebagai salah satu bek terbaik Liga Super Indonesia karena memiliki intensitas dan disiplin tinggi. Pemain dengan tinggi 186 sentimeter itu selalu menjadi pilar utama di garis belakang pasukan Merah Hitam.


8. Firman Utina

Firman Utina adalah pesepakbola profesional asal Manado yang merumput bersama Sriwijaya FC di ajang Indonesian Super League 2010/2011. Meski hanya memiliki tinggi badan 165 cm, pemain kelahiran 15 Desember 1981 ini cukup handal di lini tengah. Pergerakannya dipastikan selalu merepotkan barisan pertahanan lawan, yang membuat ia tidak hanya menjadi andalan di timnya. Tapi juga merupakan pilar inti timnas Indonesia. Akselerasi dan daya jelajahnya yang tinggi mengawal lini tengah ini pun sehingga ia menjadi salah satu pemain tidak tergantikan dalam beberapa tahun terakhir. 

    Firman Utina 15 - PES Version

Firman Utina Aspiration - Nike Football Indonesia Commercial


9. Bambang Pamungkas


Siapa yang tak kenal dengan kapten utama Timnas Indonesia ini. Bambang Pamungkas yang akrab disapa BePe ini adalah seorang pemain sepak bola terbaik di Indonesia. Saat ini dia bermain untuk Persija Jakarta dan selalu menjadi langganan Timnas. Dia biasa berposisi sebagai penyerang. Meskipun tidak terlalu tinggi (170 cm), tapi dia mempunyai lompatan yang tinggi dan tandukan serta tendangan yang akurat. Bambang Pamungkas pernah bergabung dengan klub divisi 3 Belanda EHC Norad. Selain itu, Bambang Pamungkas juga pernah membela klub Selangor FC di Malaysia hingga akhir tahun 2005 dan disana  ia menjadi top scorer dengan membukukan 22 gol.

       Bambang Pamungkas saat bermain di Selangor FC

Sampai sekarang, Bambang Pamungkas adalah top scorer untuk Timnas Indonesia dan masih belum ada yang bisa menyaingi capaiannya  hingga saat ini.

       Bambang Pamungkas - Timnas

    Bambang Pamungkas 20 - PES Version

Bambang Pamungkas Aspiration - Nike Football Indonesia Commercial

Official Website Bambang Pamungkas : www.bambangpamungkas20.com


10. Muhammad Roby


Muhammad Roby atau yang lebih dikenal dengan M Roby, merupakan salah satu pemain yang dibawa pelatih Alfred Riedl untuk membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2010 lalu. Pesepakbola yang kini membela Persisam Samarinda tersebut berposisi sebagai bek tengah. M. Roby adalah mantan bek tengah andalan timnas Indonesia U-23 dan tampil membela skuad senior di SEA Games 2007, serta di turnamen Piala AFF 2008.

Leave a Reply